Panduan Mendesain Kardus Box Untuk Pemula

Panduan Mendesain Kardus Box Untuk Pemula – Membuat desain kemasan pertama bagi produk kita tentu bisa seperti suatu usaha yang menakutkan, tapi dengan adanya desain 2D ke 3D anda tidak perlu takut lagi perihal masalah desain kemasan produk. Kemasan produk itu bermacam-macam, namun yang paling banyak adalah menggunakan kardus box. Kardus box banyak dipilih karena bisa menambahkan kesan premium atau kemewahan serta meningkatkan kualitas produk yang anda jual melalui kemasan kardus box [ Pabrik Karton box ] tersebut.

Panduan Mendesain Kardus Box Untuk Pemula

Bagi anda yang mengalami masalah atau kesulitan untuk merancang dan mendesain kemasan, tenang saja karena disini saya akan memberikan panduan mendesain kardus box kemasan untuk pemula yang harus kalian ketahui. Berikut adalah beberapa panduan bagi anda yang ingin mendesain kardus box untuk kemasan bagi pemula.

1.     Memilih Software Terbaik

Sebelum anda bisa mulai merancang kemasan produk, anda harus mempertimbangkan dulu dengan hati-hati software atau program mana yang kira-kira bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi masalah anda dalam merancang desain kemasan produk.

Kebanyakan desainer kemasan atau bungkus kardus box akan mengirimkan desain 2D ke produsen percetakan kardus box dengan format vektor. File vektor ini memiliki sifat skalabel dan juga mudah untuk dibuat template dieline memakai tool garis dan juga bentuk di program pembuat vektor seperti Inkscape dan juga Adobe Illustrator.

Ini tentunya akan menjadi rumit ketika kita ingin melakukan visualisasi desain seperti pada produk 3D, hal ini karena sebagian besar dari perangkat lunak vektor memang dirancang untuk membuat gambar 2D, namun anda bisa kok menggunakan plugin atua juga program berbeda untuk membantu mendesainnya menjadi produk 3D. Salah satunya adalah Esko, dimana Esko adalah plugin dari Illustrator yang memungkinkan kita bisa melipat garis dan membuat desain dengan format 3D.

2.     Membuat Dieline

Dieline merupakan template datar pada paket. Hal ini biasanya akan disatukan perancang kemasan pada program pembuat vektor menggunakan garis dan juga bentuk yang sederhana. Dieline harus menunjukkan letak template kemasan dimana harus dipotong, dilubangi. Karena ini merupakan dua lembar informasi terpisah bagi printer, garis lipatan, garis potong harus ditempatkan di lapisan terpisah sebagai warna spot. Ini berarti pemotongan dna juga pemangkasan bisa dilakukan di tahap yang berbeda.

Sebaiknya untuk menghindari salah tangkap, anda bisa mengganti nama lapisan dieline desain kardus box yang anda buat tersebut dengan nama “Jangan Dicetak”, yang merupakan suatu catatan jelas untuk produsen jika lapisan ini berguna untuk pemrosesan setelah dicetak.

Nah itulah beberapa tips bagaimana mendesain kardus box untuk pemula yang bisa anda coba dan terapkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*